Minggu, 29 September 2013

PENGERTIAN VISIO

Pengertian VISIO

Microsoft Office Visio
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah Aplikasi Komputer
Disusun Oleh:
Kelompok : 1 (satu)
Anggota : Aci Atikah (1211704001)
Annisa Heksa N (1211704009)
Citra Fitriani K ( 1211704015)
Farida Zahara (1211704021)
Hilwa Sofia A (1211704025)
Irfan Rahadian (1211704033)
Lina Herlina (1211704039)
Kelas : Kimia II / A
JURUSAN KIMIA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012

Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan seluruh alam semesta, yang telah memberikan kekuatan kepada penulis untuk menyajikan makalah ini dalam sehat jasmani dan rohani. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya yang selalu taat kepadanya.
Makalah ini berjudul “Mempelajari Microsoft Visio” disusun untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Aplikasi Komputer dan mudah – mudahan menjadi proses pembelajaran khususnya bagi mahasiswa semester II yang kehausan akan ilmu pengetahuan.
Sudah pasti dalam penyajian makalah ini terdapat kekurangan dan kesalahan baik dari segi bahasa maupu penyajiannya, maka kami selaku penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun supaya menjadi cambuk kemajuan bagi kami dan khususnya untuk mahasiswa.
Bandung, April 2012
Penyusun
Daftar Isi
Kata Pengantar i
Daftar Isi 1
Daftar gambar 2
Bab I Pendahuluan 3
1.1 Latar Belakang 3
1.2 Rumusan Masalah 3
1.3 Tujuan 3
Bab II Sistem Informasi dan Visio 4
2.1 Microsoft Visio dan Perancangan Sistem Informasi 4
2.2 Sejarah Microsoft Visio 6
2.3 Versi- versi Microsoft Visio 6
2.4 Menjalankan Microsoft Visio 7
2.5 Fungsi Menu Pada Microsoft Visio 9
2.6 Membuat New Drawing dengan bantuan template 13
2.7 Bentuk-Bentuk Diagram pada Visio 14
Kesimpulan 16
Daftar Pustaka 17
Daftar gambar
Gambar 1 Rangkaian Proses Perangkat Lunak 5
Gambar 2 Menu Program 8
Gambar 3 Tampilan Ms. Visio 9
Gambar 4 Menu File 10
Gambar 5 Menu Shape 10
Gambar 6 Menu Page Setup 11
Gambar 7 Ruler 12
Gambar 8 Grid Line 12
Gambar 9 Guidelines 13
Gambar 10 Template 13
Gambar 11 Organization Chart 14
Bab IPendahuluan
1.1 Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-sehari, banyak orang yang membutuhkan sebuah aplikasi untuk membuat jadwal (schedule), diagram alir untuk menyusun kedudukan beberapa orang dalam organisasi ataupun kebutuhan gambar peta (denah). Untuk membuat itu semua, maka digunakan suatu program dari Microsoft Corporation, yaitu Microsoft Visio.Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari pembuatan makalah ini, yaitu :
1. Apa Microsoft Visio itu ?
2. Apa fungsi dari microsoftvisio ?
3. Bagaimana cara menggunakan aplikasi dari microsoft visio ?
1.3 Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini, yaitu:
1. Untuk mengetahui aplikasi microsoft visio
2. Untuk mengetahui fungsi dari aplikasi microsoft
3. Untuk mengetahui cara penggunaan aplikasi microsoft visio
Bab IISistem Informasi dan Visio
2.1 Microsoft Visio dan Perancangan Sistem Informasi
Sistem informasi terdiri dari dua kata yang saling berkaitan yaitu sistem dan informasi.Sistem adalah seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan bersama.Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah pengetahuan. Dengan kata lain, sistem informasi adalah sistem dalam organisasi yang mempertemukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi, serta menyediakan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak tertentu. Secara ringkas, sistem informasi terdiri dari tiga komponen dasar yaitu input (masukan), pengolahan dan output (keluaran).
Pembangunan sistem informasi dapat lebih terstruktur dengan melibatkan jumlah data yang jauh lebih banyak. Tahapan-tahapan pembangunan sistem informasi secara garis besar terbagi atas step-step sebagai berikut:
1. Identifikasi masalah.
2. Studi kelayakan.
3. Analisa sistem
4. Perancangan sistem informasi.
5. Aktifitas pemrograman
6. Implementasi sistem
7. Evaluasi dan tindak lanjutnya
Tahapan-tahapan dalam perencanaan sistem informasi, kebutuhan alat bantu yang dapat diandalkan berupa simbol-simbol yang dapat dipahami oleh beberapa programmer, yang berfungsi sebagai jembatan antara sistem analis dengan group programmer yang ada di suatu unit usaha, sehingga proses perencanaan suatu sistem informasi dapat lebih terfokus dengan lebih baik. Salah satu alat bantu dalam proses perencanaan sistem informasi ini adalah Microsoft Visio.
Menurut Hoffer, Goerge dan Valacich dalam modern system analys & design (3rd Edition), disebutkan bahwa rangkaian proses perancangan sistem informasi dilihat dari sudut engineer terdiri atas beberapa urutan rangkaian yang digambarkan sebagai berikut :
Gambar 1 Rangkaian Proses Perangkat Lunak
Dengan melihat dari rangkaian proses perencanaan perangkat lunak, kebutuhan model perancangan yang digambarkan dalam simbol-simbol tertentu merupakan salah satu alat yang dapat membantu, seperti :
1. Brainstromming yang digunakan untuk melihat arah, pola pikir dan kebijakan suatu perusahaan baik dari visi maupun misi yang diajukan oleh para pengambil keputusan.
2. Gambaran Struktur organisasi suatu perusahaan yang akan dirancang sistem informasinya dengan tujuan membantu perancang dalam menentukan titik kritis suatu keputusan pada suatu organisasi
3. Project Schedule yang bertujuan untuk menentukan batas waktu perancangan sistem informasi
4. Flowchart yang bertujuan untuk menggambarkan proses system, proses program maupun proses dokumen
5. Data Flow Diagram yang bertujuan untuk menggambarkan proses alur system
6. Database model yang bertujuan menggambarkan alur data dan desain dari database suatu program aplikasi yang akan dirancang, dan beberapa model perancangan lain yang dipakai untuk memudahkan para perancang sistem informasi.
Tulisan ini dibuat dengan melihat beberapa aplikasi model yang ada pada Microsoft Visio yang dapat digunakan oleh para perancang, mahasiswa maupun kalangan umum untuk dapat membantu pola perencanaan sistem informasi kearah yang lebih baik.
2.2 Sejarah Microsoft Visio
Visio Corporation didirikan pada bulan September 1990, dengan nama Axon Corporation. Semua pendiri perusahaan tersebut merupakan jebolan dari Aldus Corporation, yakni Jeremy Jaech, Dave Walter (yang merupakan pendiri perusahaan Aldus) dan Ted Johnson (yang merupakan pemimpin proyek Aldus PageMaker for Windows). Pada tahun 1992, sebelum merilis sebagai sebuah produk perangkat lunak, nama perusahaan tersebut diubah menjadi Shapeware. Dan, pada bulan November pada tahun yang sama, perusahaan ini pun merilis aplikasinya yang pertama, Visio. Ketika Shapeware merilis Visio 4.0 pada 18 Agustus 1995, ternyata aplikasi tersebut merupakan aplikasi pertama yang dikembangkan secara khusus untuk Windows 95.
Pada bulan November 1995, nama perusahaan Shapeware berubah kembali menjadi Visio, dan sahamnya pun diperdagangkan secara go public, dengan nama VISIO. Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru.
2.3 Versi- versi Microsoft Visio
Beberapa Versi Microsoft Visio:
 Visio 5.0
 Visio 2000
 Visio Enterprise Network Tools, Visio Network Center
 Microsoft Visio 2002 (dikenal juga dengan sebutan Visio XP)
 Visio for Enterprise Architects 2003 (VEA 2003, didasarkan pada Visio 2002)
 Microsoft Office Visio 2003
 Office Visio for Enterprise Architects 2005 (VEA 2005, didasarkan pada Visio 2003)
 Microsoft Office Visio 2007 (tidak fitur user interface Ribbon, menggunakan sistem menu)
 Microsoft Office Visio 2010 (menggunakan sistem ribbon)
2.4 Menjalankan Microsoft Visio
Microsoft Visio adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang suatu model perencanaan, model ini dimanfaatkan untuk kebutuhan developer maupun engineering yang didesain untuk berbagai macam kebutuhan. Adapun untuk mengaktifkan Microsoft visio adalah sebagai berikut :
 Klik menu start di windows
 Sorot kursor mouse di program dan klik 
 Pilihlah shortcut menu Microsoft Visio dan klik mouse
Gambar 2 Menu Program
 Maka Kita mulai masuk pada menu visio sebagai berikut :
Gambar 3 Tampilan Ms. Visio
2.5 Fungsi Menu Pada Microsoft Visio
Pada Microsoft Visio terdapat beberapa menu pilihan mulai dari menu file, edit, view, insert, format, tools, shape, windows maupun help. Menu-menu ini memiliki kemiripan dengan aplikasi lain yang dibuat oleh Microsoft, dengan beberapa diantaranya merupakan menu khusus yang didesain untuk Visio itu sendiri.Menu file hampir sama dengan format menu pada program-program rancangan Microsoft lain, yang terdiri dari sub menu New, Open, Close, Save, Save as, Save as Web Pag, search, Stensil, Find Shape, Page Setup, Print Preview, Print, Send to.., dan Exit.
Adapun pada submenu new terdapat tanda  yang menunjukkan sub menu dari new yang berisikan menu-menu yang dapat dipilih sesuai dengan kategori desain gambar yang kita kehendaki. Adapun pilihan tersebut dapat juga dilakukan melalui taskpane bar, seperti yang terlihat sebagai berikut :
Gambar 4 Menu File
Untuk pilihan menu new dengan memilih choose drawing type akan menampilkan pilihan gambar dengan tampilan animasi berdasarkan kategori yang dikehendaki seperti terlihat berikut :
Gambar 5 Menu Shape
Pilihan new drawing dapat pula dipilih dengan mengklik icon new yang terdapat pada toolbar menu.
Untuk mensetting halaman yang ada di visio dapat diklik page setup pada menu file, sehingga akan muncul form page setup yang berisikan tab control yang terdiri dari print setup, page size, drawing scale, page properties dan layout routing
Gambar 6 Menu Page Setup
Dalam tab control print setup terdapat ukuran dari halaman yang akan digunakan, untuk merubah ukuran kertas yang akan digunakan pilihlah tombol  pada combo box paper size yang tersedia. Pilihan paper orientation digunakan untuk menentukan pilihan bentuk cetakan yang akan digunakan yaitu berbentuk portrait atau landscape.
Jika ingin membuat jenis kertas dengan ukuran yang berbeda dari bentuk kertas yang ada, sorotlah tab control paper size dan pilihlah custom size pada menu paper size.
Tab control drawing scale digunakan untuk menentukan skala gambar yang akan kita buat dengan pilihan default no scale (jika skala yang digunakan 1 : 1). Untuk pilihan yang lain kita dapat menseting pada pilihan pre-defined scale dengan pilihan yang dapat dipakai yaitu : skala metrics, skala arsitektur, skala civil enginnering, maupun skala mekanik dengan perbandingan skala 1 : 1000 sampai dengan 50 : 1.
Tab control page properties digunakan untuk mendefinisikan tipe dari halaman visio yang kita buat, apakah berfungsi sebagai foreground page atau sebagai background page. Pada versi terbaru dari visio ini dikenalkan tab control shadows yang berfungsi memberi efek bayangan pada halaman visio.
Pada menu view terdapat beberapa sub menu pilihan yang dapat dipilih seperti penggunaan ruler (penggaris) yang jika dipilih sehingga tampak tanda  pada menu tersebut akan memunculkan penggaris pada di atas drawing, seperti tampak pada gambar berikut:
Gambar 7 Ruler
Pilihan grid akan memunculkan tanda grid pada halaman drawing seperti tampak pada gambar berikut :
Gambar 8 Grid Line
Pilihan guide akan memunculkan guideness jika gambar kita letakan pada halaman drawing, seperti tampak pada gambar berikut :
Gambar 9 Guidelines
2.6 Membuat New Drawing dengan bantuan template
Untuk membuat gambar baru dengan bantuan template dibuat dengan cara :
Pada menu file pilihlah new dan klik 
Pilih choose drawing type dan klik mouse, sehingga dilayar akan tampak
Gambar 10 Template
Pada taskpane category disebelah kiri layar pilih organization chart, dan pada template klik gambar organization chart di taskpane template seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
Gambar 11 Organization Chart
Maka template organization chart telah siap untuk dirancang gambarnya
2.7 Bentuk-Bentuk Diagram pada Visio
1. Diagram Jaringan (Network Diagram)
Membuat susunan bentuk jaringan computer atau lainnya sesuai kebutuhan hanya dengan menggabungkan beberapa bentuk kombinasi bentuk dari visio yang sudah tersedia.
2. Flowchart dasar (Basic Flowchart)
Membuat dokumen prosedur, menganalisa proses, menunjukkan alur kerja atau informasi, lagu dan efisiensi biaya, dan banyak lagi.
3. Rencana denah (Floor Plan)
Membuat denah rencana peletakan pintu, jendela, alat alat listrik secara visual untuk bangunan.
4. Bagan struktur organisasi (Organization Chart)
Membentuk bagan kelompok kerja dalam organisasi dan hubungan komunikasi antar departemen.
5. Diagram Basis Data (Data Base Model Diagram)
Membentuk model dari data base secara visual dengan penggambaran bentuk skema sesuai aslinya.
6. Diagram Situs Jaringan (Web site Diagram)
Menggambar bentuk susunan halaman website secara hierarki dan alur penggunaannya yang dapat dengan mudah di ubah sesuai dengan kbutuhan web saat ini yang dinamis.
7. Diagram Blok (Block Diagram)
Melakukan brainstorming, rencana, dan berkomunikasi.
8. Peta Petunjuk (Directional Maps)
Peta petunjuk yang dapat menunjukan arah dengan disertai petunjuk alam seperti pohon,bangunan,sungai dan jalan raya sebagai petunjuknya.
9. Diagram Proses Mesin (Proccess Enginering Diagram)
Menunjukan bagaimana proses dari suatu alat alat dalam perindustrian serta alat-alat yang digunakan seperti mesin,pipa,dan penampungnya.
10. Diagram Software (Software Diagram)
Membantu mengembangkan tim desain perangkat lunak untuk mengatur tampilan user interface.
Masih banyak lagi gambar bentuk diagram serta flowchart yang terdapat di dalam Ms.Visio, Microsoft Office Visio 2007 memberikan kemudahan bagi profesional TI dan bisnis untuk memvisualisasikan, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan informasi yang kompleks. Pergi dari teks yang rumit dan tabel yang sulit dimengerti untuk diagram Visio yang mengkomunikasikan informasi dalam sekejap. Gunakan berbagai diagram di Office Visio 2007 untuk memahami, bertindak, dan berbagi informasi tentang sistem organisasi, sumber daya, dan proses di seluruh perusahaan Anda.
Kesimpulan
Microsoft Visio(atau sering disebutVisio) adalah sebuahprogram aplikasikomputeryang sering digunakan untuk membuatdiagram,diagram alir(flowchart ),brainstorm, dan skema jaringanyang dirilis olehMicrosoft
Corporation.Aplikasi ini menggunakan grafik vector untuk
membuatdiagram-diagramnya. Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation,
melainkan buatanVisio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft padatahun2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalahVisio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru.
Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untukmengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumberdata dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar