Rabu, 15 Mei 2013


Tipe jaringan komputer 


Tpe Jaringan terkait erat denagn desain sistem Operasi Jaringan. Ada 2 tipe Jaringan. Yaitu sebagai berikut :

ipe Jaringan Komputer Beserta Keuntungan dan Kerugiannya
1. Jaringan Client- Server
Server Adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer -komputer yang lain (client) di dalam jaringan dan Client adalah komputer- komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh Server. Jadi antara Server dan Client saling berhubungan 1 sama lain. Server di jaringan Cient-server di sebut dengan Dedicaded Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebt tidak dapat berperan sebagai Workstation.

Adapun Keuntugan dari Tipe Jaringan Client- Server 
  • Kecepatan Akses Lebih Tinggi karena penyedia layanan atau fasilitas jaringan dan pengelompokan dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak di bebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation. 
  • Sistem Keamanan dan Administrasi Jaringan Lebih Baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrator dan sistem keamanan jaringan.
  • Sistem Backup Data Lebih Baik, Karena pada jaringan Client-server backup data dilakukan di server, yang akan meng-bacup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Dan Untuk Kerugiannya adalah sebagai berikut :
  • Biaya Operasional relatif lebih mahal.
  • Di perlukan adanya suatu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
  • Kelangsungan Jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

2. Jaringan Peer to Peer 
    Bila di tinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server si jaringan Tipe Peer To Peer di istilahkan Non- Deicated Server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai Workstatioan.

ipe Jaringan Komputer Beserta Keuntungan dan Kerugiannya
 Adapun Keunggulannya Anatara lain...
  • Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi- pakai fasilitas yang di milikinya, seperti Hardisk, Driver, fax/modem, printer dan masih banyak yang liannya.
  • Biyaya Operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe Client- Server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan  khusus yang mengorganisir dan menyediakan fasilitas jaringan.
  • Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga, bila satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
Sedangkan Kerugiannya adalah
  • Troubelshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan Peer to Peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. di jaringan Client- Server, Komunikasi adalah antara server dengan Workstation.
  • Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan denagn jaringan Client- Server karena setiap komputer/peer di samping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
  • Sistem keamanan jaringan di tentukan oleh masing - masing User dengan mengatur keamanan masing - masing fasilitas yang di miliki.
  • Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing masing komputer tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar