Kamis, 14 Maret 2013

pengertian website dan keamananya



Pengertian dan Bagaimana Cara Membuat Website


Ilustrasi bagaimana cara membuat website
Hampir semua instansi pemerintah atau pun sekolah sekarang sudah memiliki website sendiri. Website tersebut berguna untuk menyiarkan informasi yang dapat diakses oleh siapa saja.
Nah, bagaimana sebetulnya cara membuat website? Banyak orang bertanya tentang hal tersebut. Namun, sebelum membahas bagaimana cara membuat website yang baik, ada baiknya kita mengenal dulu pengertian website.
World Wide Web (WWW) atau Web merupakan bagian dari internet yang berkembang dan telah merambah ke pelosok negeri. Pembuatan website berbekal pengkodean HTML, telah memungkinkan penyebaran informasi berupa dokumen satu ke dokumen lainnya oleh fasilitas hypertext.

Hal yang Perlu Dipahami Untuk Membuat Website

Untuk membuat website. Anda harus paham beberapa hal. Yaitu bahasa pemgrogram-an serta karakteristik dari penyedia jasa website tersebut. Karena jika tidak paham bahasa pemrograman maka akan kesulitan dalam pembuatan website tersebut.
Tapi sekarang tak perlu kuatir karena beberapa jasa penyedia website sudah menyertakan dashboard atau semacam aplikasi online yang digunakan untuk memrogram tampilan website yang diinginkan.
Jadi jangan perlu kuatir. Pada menu dashboard ini terdapat sebuah menu yang menyediakan ukuran font tulisan pada website, bentuk font, tempat untuk memposting atau mempublikasikan informasi yang dibuat.
Tapi untuk menunjang dalam membuat tampilan yang lebih menarik alangkah baiknya jika Anda belajar bahasa pemrograman website. Terdapat banyak sekali sofware yang menyediakan aplikasi pembuatan mulai dari PHP maupun javascript.
Tak perlu kuatir. Karena bisa membuatnya secara offline. Jadi walaupun tidak dalam keadaan online bisa membuat design web yang ingin dibuat. Setalah selesai membuat. Ada dapat mengupload file nya ke dashbord pada penyedia web yang dipilih.

Softawe yang Digunakan Untuk Membuat Website

Dengan perkembangan internet yang sangat cepat, kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan HTML sangat mendesak. Sejumlah skrip dan objek telah muncul untuk mendukung HTML. Contohnya, seperti skrip ASP dan PHP.
Adanya program bahasa tersebut telah membuat halaman website menjadi dinamis dan interaktif, tidak seperti pendahulunya statis dan memiliki banyak kekurangan. Kekurangan tersebut diakibatkan kebutuhan untuk memelihara program secara terus menerus.
Dengan kemampuan HTML yang telah ditambahkan perangkat lunak lainnya, perubahan informasi halaman-halaman website ditangani dengan perubahan data dengan tidak merubah program.
Middleware adalah perangkat lunak yang menerjemahkan kode-kode khusus untuk dapat berinteraksi dengan program database melalui bantuan Web server. Tidak semua kode perangkat lunak Middleware dapat diterjemahkan dengan program Web browser. Misalnya ASP hanya cocok dengan Internet Explorer.
Adapun pengelolaan kode dapat diserahkan pada sisi client atau server. Dengan sistem Web dinamis ini, dapat dibangun aplikasi berbasis Web (Web -based application). Aplikasi berbasis Web adalah aplikasi pengolahan data melalui Internet dengan menggunakan Web browser.
Untuk pengelolaan kode website dinamis, teknologinya terbagi menjadi teknologi sisi client dan sisi server. Teknologi pada sisi client (klien) bersifat menyerahkan semua tanggung jawab pemrosesan kode pada sisi client. Kelebihan metode ini, yaitu memiliki tampilan yang bersifat dinamis dengan berinteraksi langsung dengan client.
Contohnya, program secara langsung berinteraksi dengan pergerakan mouse client. Teknologi ini dapat Anda temukan pada kontrol Active X, Java Applet, dan JavaScript serta skrip CSS (Cascading Style Sheet) yang kini dikenal dengan sebutan Dynamic HTML.
Teknologi pada sisi server menawarkan kelebihan, seperti mengatasi tidak cocoknya kode client dengan browser, berinteraksi dengan data di server, mengurangi lalu lintas jaringan antara client dan server, dan proteksi kode dari client. Teknologi ini dapat Anda temukan pada Common Gateway Interface (CGI), Proprietary Web Server API, Active Server Page (ASP), Server-Side JavaScript, dan PHP.
ASP merupakan teknologi yang paling populer karena berjalan pada sistem operasi Windows. Dengan banyaknya persaingan, teknologi ASP ditingkatkan kemampuannya menjadi ASP.Net.
Suatu home page atau website disebut dinamis jika menampilkan tampilan yang berbeda setiap kali dikunjungi, misalnya penggunaan Hit Counter. Hit Counter adalah suatu penghitung berupa angka yang akan terus bertambah nilainya seiring dengan banyaknya jumlah pengunjung yang melihat suatu home page.
Angka yang ditampilkan bisa berupa grafik atau gambar, bisa juga berupa teks. Dengan melihat Hit Counter tersebut, akan mengetahui apakah home page termasuk populer atau tidak. Fasilitas ini dapat digunakan dari program Ms FrontPage atau membuatnya dari skrip ASP.

Bagaimana Cara Membuat Website Secara Gratis

Di dunia maya banyak sekali media-media yang digunakan sebagai tempat kita membuat website. Ada yang berbayar serta ada yang gratis atau tidak berbayar sama sekali. Berikut ini adalah adalah salah satu contoh penyedia jasa website.
1. Blogger.com
Blogger.com merupakan salah satu situs penyedia layanan website internet gratis yang terkenal dikalangan anak muda indonesia. Blogger.com adalah situs pertama kali didunia ini yang memprakarsai blog (Website Log)
Blogger.com sendiri pertama kali ditemukan oleh Pyra Labs. Pada sekitar tahun 2002, blogger ini di akusisi oleh google.com yang merupakan situs pencarian terbesar di dunia.
Setelah blogger.com ini diakusisi oleh google.com. banyak aplikasi-aplikasi yang begitu mudah digunakan oleh kita untuk  menunjang pembuatan website tersebut. Pada awal tahun 2012, google menerapkan sistem circle. Dimana semua penguna google dapat menikmati semua fasilitas google hanya dalam 1 akun.
Bagaimana cara membuat web di blogger.com? Sebenarnya untuk membuat website di blogger.com itu sangat mudah. Pertama-tama Anda harus mempunyai akun google terlebih dahulu dengan mendaftar di Gmail.com atau langsung sudah tersedia di blogger.com.
Setelah memiliki akun google. Kemudian mendaftarkan situs web yang diinginkan. Tapi perlu di ingat, bahwa website tersebut akan berakhiran dengan “.blogspot.com”. Jadi ketika ingin memberi nama website Anda dengan nama “berbagiilmu” maka lengkapnya alamat web adalah “berbagiilmu.blogspot.com”
Tapi jangan kuatir. Jika ingin merubah web menjadi berbagiilmu.com saja. Maka dipersilahkan untuk membayar sebesar mata uang dolar yang telah ditentukan oleh google.com
2. Wordpress.com
Hampir sama seperti blogger.com. wordpress.com ini lebih memakai sistem bahasa pemrograman internet yang lebih open source. Dimana penguna dapat memakai bahasa pemrogramannya sendiri. Wordpress sendiri merupakan kelanjutan dari b2/Cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama wordpress sendiri muncul dari ide seorang penggembang atau develop.
Wordpress.com dapat dikatakan sebagai situs penyedia jasa website terbesar di Dunia karena telah memiliki berbagai pengguna di dunia. Dan sudah banyak situs-situs yang dihasilkan oleh wordpress.com ini.
Lalu bagaimana cara mengunakan wordpress ini??? Hampir sama seperti blogger.com. wordpress.com juga perlu daftar terlebih dahulu. Tapi kelebihan dari wordpress.com ini kita bisa mengunakan berbagai macam penyedia email. Tak hanya google, yahoo, msn, serta email yang lain bisa  digunakan untuk membuat web.
Setelah selesai mendaftar akan masuk pada dashboard. Dasboard adalah sebuah tempat dimana kita bisa mengedit tampilan dari web. Kita bisa mengatur bagaimana web yang diinginkan. Bentuk tampilan bisa diprogram pada dashboard ini.
Selain itu di dasbord juga bisa digunakan untuk menulis artikel atau sebuah informasi yang ingin ada publikasikan pada website. Tapi lebih saya sarankan agar menggunakan word atau openoffice terlebih dahulu untuk menulis informasi yang ingin ditampilkan.
Pada wordpress.com ini terdapat web hosting dimana Anda bisa mengupload file yang ingin ada bagi kepada setiap penguna yang membuka dan ingin mendownload file. Tapi jumlahnya pun juga terbatas. Untuk berbagi file saya sarankan mengunakan web hosting yang sudah ada.
Sama seperti blogger.com domain atau alamat web juga akan ditambahi pada akhiran dengan “wordpress.com” jadi ketika ingin memberi nama web anda dengan “kudalumping” maka domain akan menjadi “kudalumping.wordpress.com”
Tapi tak perlu kuatir. Wordpress ini juga menyediakan jasa berbayar sesuai dengan kemampuan. Terdapat paket 1 tahunan maupun paket 3 tahunan. Tergantung budget. Ketika sudah berbayar. Maka akun  yang semula “kudalumping.wordpress .com” akan dapat di ubah menjadi “kudalumping.com”
Jadi untuk membuat website alangkah baiknya jika Anda memikirkan dulu tujuan dalam pembuatan web tersebut. Apakah untuk hal komersial atau hanya untuk berbagi informasi untuk pengguna internet yang lain.
Jika ingin untuk tujuan komersial alangkah baiknya untuk memakai web yang berbayar. Karena untuk menambah kebonafitan atau daya jual dari web. Jika hanya untuk berbagi informasi saya sarankan untuk memakai jasa free. Jadi untuk beramal ilmu tak perlu berbayar kalau ada yang gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar